LinkShare  Referral  Prg

Rabu, 06 Agustus 2008

CARA MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA

Sebelum kita melangkah jauh tentang cara membuat blog, sebaiknya lebih dulu kita mengenal lebih dekat tentang blog itu sendiri. Apa itu Blog ?...blog adalah singkatan dari Web + Log, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Berger pada bulan Desember 1997. John berger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut sejenis website pribadi yang berisi tentang sesuatu informasi yang baru dan pesan atau tulisan yang saling berhubungan dengan website dan mereka dapat memberikan komentar untuk diri sendiri ataupun orang lain. Website ini akan selalu di update secara terus menerus oleh pemilik blog. Seseorang yang menulis dan mengelola sebuah blog disebut juga dengan Blogger dan kata dari blog itu sendiri juga mengandung arti kata benda dan juga bisa berarti kata kerja kegiatan nge-blog.
Blog itu sendiri sebenarnya banyak memiliki keuntungan disamping sebagai tempat untuk memberikan informasi dan komentar,
dimana pada masa sekarang ini telah berkembang pemikiran untuk memanfaatkan blog sebagai sumber pendapatan baik rupiah ataupun dollar. Salah satu contoh seorang pengelola Gawker Media dari New York yang bernama Nick Denton, mampu meraup jutaan dollar hanya dengan memanfaatkan blognya dengan memasangkan iklan atau dengan kata lain dia memberikan ruang untuk iklan diblog-nya.
Di internet banyak sekali alamat yang tersedia untuk membuat sebuah blog, antara lain :
- www.blogger.com
- www.wordpress.com
- www.multiply.com
- www.ebloggy.com
- www.bravenet.com
- www.blogster.com
- www.ign.com
- www.blogsome.com
Di sini saya akan mengambil contoh membuat blog di blogger.com. Sebelum membuat blog terlebih dahulu kita harus membuat sebuah account di situs blogger dengan mengunjungi www.blogger.com. Berikut langkah – langkah cara membuat blog di blogger.com.
1. buka alamat
www.blogger.com
2. klik tanda “ciptakan blog anda sekarang”
3. kemudian beri nama judul blog anda beserta alamat URL-nya, lalu masukkan huruf yang tertera di “verifikasi Kata” dan klik “lanjutkan”
4. pilih template yang anda suka.lalu klik “lanjutkan”
5. selesai. Sekarang anda sudah memiliki sebuah blog dan juga sudah bisa melakukan posting tulisan ataupun gambar.
Sekaligus setelah membuat sebuah blog, saya juga akan menjelaskan tentang cara untuk menampilkan tulisan atau gambar pada blog. Untuk memulai klik “Posting” lalu klik “Buat”. Tuliskan judul tulisan pada kolom judul dan isi tulisan atau content pada kolom kosong di bawahnya. Anda bisa mengatur jenis font, rata kanan / tengah / kiri, tambah gambar, tambah video dan lain – lain dngan menggunakan bantuan toolbar, jika tulisan anda sudah siap klik “mempublikasikan posting”. Apabila setelah memposting ternyata terdapat kesalahan maka untuk meng-edit klik “edit posting”. Saran saya sebelum mendaftarkan blog anda pada google adsense (bagi yang berminat mencari uang tambahan), terlebih dahulu posting-lah beberapa tulisan.

Tidak ada komentar: